Powered By Blogger

Jumat, 13 Mei 2011

Proses Penyusunan Anggaran


Prisip-prinsip pokok dalam siklus anggaran
§  Tahap persiapan anggaran.
Pada tahap persiapan anggaran dilakukan taksiran pengeluaran atas dasar taksiran pendapatan yang tersedia. Terkait dengan masalah tersebut, yang perlu diperhatikan adalah sebelum menyetujui taksiranj pengeluaran, hendaknya terlebih dahulu diulakukan penaksiran pendapatan secara lebih akurat. Selain itu, harus disadari adanya masalah yang cukup berbahaya jika anggaran pendapatan diestimasi pada saat bersamaan drengan pembuatan keputusan tentang angggaran pengeluaran
§  Tahap ratifikasi
Tahap ini merupakan tahap yang melibatkan proses politik yang cukup rumit dan cukup berat. Pimpinan eksekutif dituntut tidak hanya memiliki managerial skill namun juga harus mempunyai political skillsalesman ship, dan coalition building yang memadai. Integritas dan kesioapan mental yang tinggi dari eksekutif sangat penting dalam tahap ini. Hal tersebut penting karena dalam tahap ini pimpinan eksekutif harus mempunyai kemampuan untuk menjawab dan memberikan argumentasi yang rasional atas segala pertanyaan-pertanyaan dan bantahan- bantahan dari pihak legislatif.
§  Tahap implementasi/pelaksanaan anggaran.
Dalam tahap ini yang paling penting adalah yang harus diperhatikan oleh manajer keuangan publik adalah dimilikinya sistem (informasi) akuntansi dan sistem pengendalian manajemen.
§  Tahap pelaporan dan evaluasi.
Tahap pelaporan dan evaluasi terkait dengan aspek akuntabilitas. Jika tahap implementasi telah didukung dengan sistem akuntansi dan sistem pengendalian manajemen yang baik, maka diharapkan tahap budget reporting and evaluation tidak akan menemukan banyak masalah.
Tujuan dan proses anggaran penyusunan anggaran
§  Membantu pemerintah mencapai tujuan fiskal dan meningkatkan koordinasi antar bagian dalam lingkungan pemerintah.
§  Membantu menciptakan efisiensi dan keadilan dalam menyediakan barang dan jasa publik melalui proses pemrioritasan.
§  Memungkinkan bagi pemerintah untuk memenuhi prioritas belanja.

§  Meningkatkan transparansi dan pertanggungjawaban pemerintah kepada DPR atau MPR dan masyarakat.

Alokasi Anggaran
Setalah mengentahui berapa anggaran  yang dibutuhkan  untuk melaksanakn program, hal selanjut nya adalah bagaimana mengalokasikan anggaran yang tersedia.  Mengalokasikan anggaran berarti melakukan  pembagian dana secara  sistematis berdasar kan keseluruhan dana yang di mliki perusahanan untuk melangsungkan program tersebut. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam pengalokasian anggaran mencakup potensial pasar,ukuran dan segmen pasar, kebijakan perusahan,skala ekonomi periklanan,dan karakterristik perusahaan.
Ada 3 Metode dasar proses penyusunan anggaran dari bawah ke atas, yaitu sebagai berikut:
  1. 1.       Metode tujuan dan tugas
  2. 2.       Metode pengambilan berkala
  3. 3.       Metode penghitungan kuantitatif



Tidak ada komentar:

Posting Komentar