Powered By Blogger

Jumat, 13 Mei 2011

Kebijakan pemerintah


Definisi
Kebijakan pemerintah adalah Keputusan yang di ambil oleh pemerintah untuk memecahkan suatu masalah yang terjadi dalam suatu Negara sehingga Negara tersebut bisa maju menjadi Negara yang lebih baik lagi.
Kebijakan tersebut dapat di klasifikasikan dalam 3 jenis kebijakan  yaitu sebagai berikut:
1. Kebijakan Fiskal
2. Kebijakan Moneter
3. Kebijakan Campuran
1. Kebijakan Fiskal
Apa itu Kebijakan Fiskal …?!!!
Kebijakan Fiskal adalah kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah tentang penghasilan dan pengeluaran suatu negara. Tujuan dari kebijakan fiskal adalah untuk meningkatkan atau mengoptimalisasi petumbuhan ekonomi di suatu negara. Pada postingan saya ini, saya akan menjelaskan tentang kebijakan fiskal yang dituangkan melalui APBN.
Kebijakan Fiskal yang dituangkan melalui APBN ditujukan untuk melanjutkan dan memantapkan konsolidasi fiskal, dan penyehatan APBN. Hal tersebut dilakukan dalam rangka menciptakan ketahanan fiskal yang berkelanjutan. Konsolidasi fiskal tersebut diupayakan melalui beberapa langkah utam, antara lain sebagai berikut.
* Penigkatan pendapatan negara yang dititikberatkan pada peningkatan perpajakan dan optimalisasi penerimaan negara bukan pajak (PNBP).
* Pengendalian dan penekanan prioritas alokasi belanja negara dan tetap menjamin terpenuhinya kebutuhan dasar dan alokasi belanja minimum.
* Pengelolaan hutang  negara yang secara sehat.
* Perbaikan struktur penerimaan dan alokasi belanja negara serta pengalihan subsidi secara bertahap kepada bahan-bahan kebutuhan pokok bagi masyarakat yang kurang mampu agar lebih tepat sasaran.
* Pengelolaan uang negara yang efektif, efisien, dan kesinambungan, yang dilakukan, antara lain yang dilakukan melalui perbaikan manajemen  pengeluaran negara.

2. Kebijakan Moneter
Kebijakan Moneter adalah suatu usaha dalam mengendalikan keadaan ekonomi makro agar dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan melalui pengaturan jumlah uang yang beredar dalam perekonomian. Usaha tersebut dilakukan agar terjadi kestabilan harga dan inflasi serta terjadinya peningkatan output keseimbangan.
Pengaturan jumlah uang yang beredar pada masyarakat diatur dengan cara menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar. Kebijakan moneter dapat digolongkan menjadi dua, yaitu :
1. Kebijakan Moneter Ekspansif / Monetary Expansive Policy
Adalah suatu kebijakan dalam rangka menambah jumlah uang yang edar
2. Kebijakan Moneter Kontraktif / Monetary Contractive Policy
Adalah suatu kebijakan dalam rangka mengurangi jumlah uang yang edar. Disebut juga dengan kebijakan uang ketat (tight money policu)
3. Kebijakan Campuran
Kebijakan fiskal dan moneter dapat di jalankan secara bersamaan bila misalkan pemerintah ingin mengurangi beban pengeluarannya akan tetapi perekonomian tetap bisa ekspansi dengan cara :
1. Menaikkan pajak pendapatan
2. Menaikkan suku bunga perbankan dengan cara menaikkan suku bunga sertifikat bank central.
3. Mengurangi pengeluaran pemerintah untuk pos-pos yang bersifat non rutin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar