Untuk mengatasi kemacetan yang terjadi di DKI Jakarta, pemerintah provinsi
telah mengoperasikan bus way. Namun selain bus way, pemerintah provinsi DKI
Jakarta berencana mengembangkan proyek MRT (Mass Rapid Transit). Seperti hal
proyek bus way, pembangunan MRT ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi
kemacetan yang ada di Jakarta dengan mengandalkan kereta api sebagai moda
transportasi. Pembangunan lintasan/ jalur kereta api yang akan dilakukan
terdiri atas bawah tanah (sub way), permukaan (survace), dan layang (elevated).
Pembangunan jenis jalur tersebut disesuaikan dengan kondisi areal yang akan
dilewati. Keberadaan MRT diharapkan dapat membuat masyarakat semakin banyak
menggunakan transportasi masal ini daripada menggunakan kendaraan pribadi.
Pembangunan proyek MRT tersebut terdiri atas 3 tahap, yaitu: Tahap I
–(Lebakbulus-Dukuhatas), Tahap II – (Dukuhatas-Kota), dan Tahap III (Balaraja–Cikarang).
Saat ini, proyek pembangunan yang berjalan adalah Tahap I dengan rute
Lebakbulus-Dukuhatas yang diperkirakan akan selesai pada tahun 2016.
Pembangunan proyek MRT (Mass Rapid Transit) rencananya akan dilaksanakan
pada 2013 ini dengan total biaya senilai Rp 15,7 triliun. Dimana pembagian
persentase pembiayaan sebesar 49 persen ditanggung oleh Pemerintah Pusat dan 51
persen berasal dari pembiayaan pinjaman Pemerintah DKI Jakarta. Jadi, skema
beban biaya pinjaman dari Japan International Cooperation Agency (JICA) terbaru
akan menetapkan 49 persen hibah kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan 51
persen dialokasikan sebagai penerusan pinjaman.
Mengenai harga tiket MRT, diperkirakan sekitar Rp 38.000. Menurut
Menteri Perekonomian Hatta Rajasa, “Harga Rp 38.000 itu adalah harga yang
berlaku pada 2017. Saat itu pendapatan domestik bruto kita sudah 7.000 dollar
AS. Namun, angka Rp 38.000 tetap angka yang sangat mahal,” kata Hatta.
Beban pengembalian pinjaman kepada JICA tersebut, berpengaruh pada besaran
subsidi yang akan diberikan Pemprov DKI pada harga tiket MRT. “Harga tiket
masih tergantung bebannya berapa, saya penginnya di bawah Rp 10.000. Soalnya,
kalau di Singapura hanya 1 dollar Singapura, kan kira-kira Rp 7.000 sampai Rp
8.000. Kami angkanya kira-kira seperti itu, Rp 10.000-an untuk tahun 2015,”
kata Jokowi.
Semoga harapan Bapak Jokowi bisa terealisasi, dengan harga tiket yang murah
akan menggugah warga DKI Jakarta untuk menggunakan transportasi umum. Apabila
harga tiket terlalu mahal, maka masyrakat akan lebih memilih menggunakan
kendaraan pribadi, walaupun transportasi tersebut dilengkapi dengan fasilitas
yang nyaman. Jakarta bisa bebas dari macet bila masyarakat DKI Jakarta
menggunakan transportasi umum yang sudah disediakan.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar