Powered By Blogger

Kamis, 02 Januari 2014

Review Jurnal "STRUKTUR KEPEMILIKAN, UKURAN PERUSAHAAN DAN PRAKTEK CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA"

Jurnal :








Nama  :  Jhon Philip Sinulingga
NPM   : 23210754
Kelas  :  4EB10

Review jurnal yang saya buat :



       I.            LATAR BELAKANG
Informasi laba merupakan hal terpenting dalam laporan keuangan,sering sekali digunakan sebagai target sasaran untuk memaksimumkan kepuasannya,tetapi dapat merugikan para investor dan pemegang saham.tindakan seperti itu dapat dilakukan dengan cara menaikan atau menurunkan laba sesuai keinginan. Perilaku yang dilakukan manajemen terhadap tindakan tersebut dikenal dengan istilah manajemen laba (earning management).
Moses (1997) mengemukakan bahwa perusahaan-perusahaan yang lebih besar memiliki dorongan yang lebih besar untuk melakukan perataan laba (salah satu bentuk manajemen laba) dibandingkan dengan perusahaan kecil, karena memiliki biaya politik lebih besar. Biaya politik muncul dikarenakan profitabilitas perusahaan yang tinggi dapat menarik perhatian media dan konsumen.
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh struktur kepemilikan,ukuran perusahaan,penerapan praktek corporate governance terhadap manajemen laba.

    II.            METODE DAN DATA
Populasi sasaran penelitian ini adalah perusahaan publik yang termasuk dalam LQ 45 tahun 2008-2010. Pengampilan sampel dengan metode purposive sampling, dengan kriteria: emiten mempunyai tahun buku yang berakhir 31 Desember, emiten mempunyai nilai ekuitas positif untuk selama 2008-2010, dan tersedia laporan keuangan tahunan emiten 2010 di BEJ.
Jadi,penelitian ini menggunakan variabel sebagai berikut : manajemen laba sebagai variabel tetap atau dependen (Y). Kepemilikan perusahaan, ukuran perusahaan, proporsi DKI, spesialisasi KAP sebagai variabel bebas atau independen (X).

 III.            HASIL
Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 16 perusahaan. Setelah lolos uji asumsi klasik, dilakukan analisis regresi.

Analisis regresi linier berganda
Hasil uji linier berganda dapat ditunjukan pada tabel.1

Tabel 1. Hasil estimasi regresi


Berdasarkan hasil estimasi regresi dapat ditulis persamaan sebagai berikut:
Y = 0,083 + 0,001 KS– 0,003 Log PNJ- 0,254 BOD-0,024 AUDIT+e

Hasil uji hipotesis
Untuk mengetahui secara detail masing-masing variabel independen pengaruhnya terhadap variabel dependen digunakan pengujian secara parsial dengan uji t.
Hasil uji dapat di tunjukan pada tabel 2
Tabel 2. Uji t


 IV.            KESIMPULAN
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh struktur kepemilikan,ukuran perusahaan,penerapan praktk corporate governance terhadap manajemen laba.berdasarkan penelitian ini,menemukan bahwa secara parsial variabel konsentrasi kepemilikan saham dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajamen laba. Hal ini membuktikan bahwa saham-saham pada perusahaan LQ-45 yang terkonsentrasi atau tersebar pada beberapa kepemilikan akan memiliki peluang yang sama terjadinya manajemen laba.
Komposisi dewan komisaris berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba. Hal ini berarti perusahaan yang memiliki fungsi pengawasan eksternal (komposisi komisaris independen) yang besar maka akan mengurangi tindakan manajemen laba.
Spesialisasi industri KAP tidak terbukti berpengaruh signifikan negatif terhadap manajemen laba. Hal ini berarti penggunaan KAP yang terspesialisasi belum mampu mengurangi tindakan manajemen laba perusahaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar