Powered By Blogger

Senin, 22 Oktober 2012

Cara Ampuh Meminimalkan Tawuran antar Pelajar (BI-01-SS-12)

 Dalam artikel ini saya akan menyampaikan sedikit solusi yang ampuh atau baik dalam meminimalkan tindakan tawuran yang akhir-akhir ini kerap kita dengar melalui berbagai media masa televisi,maupun radio. Sesungguh nya apa yang dapat menyebabkan seorang palajar dapat melakukan hal tersebut? Aeperti yang kita tau bahwa seorang pelajar nekat melakukan hal tersebut di karenakan oleh beberapa faktor,yaitu sebagai berikut:
 1. Tawuran antar pelajar bisa terjadi karena ketersinggungan salah satu kawan, yang di tanggapi  dengan rasa setiakawan yang berlebihan.
2. Permasalahan yang sudah mengakar dalam artian ada sejarah yang menyebabkan pelajar-pelajar dua sekolah saling bermusuhan.
 3. Jiwa premanisme yang tumbuh dalam jiwa pelajar

Selain hal tersebut di atas tawuran juga bisa terjadi karena beberapa faktor-faktor tersebut,yaitu:
1. Faktor internal
 Ketidakmampuan/kurang mampunya beradaptasi dengan lingkungan sosial yang kompleks menimbulkan tekanan pada setiap orang. Terutama pada remaja yang mentalnya masih labil dan masih dalam pencarian jati diri dan tujuan hidup. Kekompleksan seperti keberagaman budaya, kemampuan ekonomi dan pandangan tidak bisa diterima sehingga dilampiaskan lewat kekerasan.
2. Faktor keluarga
Jika keluarga tidak bahagia, bahkan ada kekerasan dalam rumah tangga akan berdampak pada mental psikologis anak. Secara tidak langsung, remaja akan meniru pola yang ia lihat di dalam keluarganya. Anak yang terlalu dilindungi orangtuanya (dimanja) juga akan sama saja. Saat bergabung dalam kelompok sosialnya di sekolah, ia akan menyerahkan diri secara total tanpa memiliki kepribadian dan prinsip yang kuat.
 3. Faktor sekolah
 Kebosanan di dalam ruang belajar mengajar seperti tindak belajar mengajar yang monoton, tidak mengijinkan siswa untuk bertindak kreatif, terlalu mengekang dan otoriter juga menjadi pengaruh. Sebagian besar hidup remaja juga dihabiskan di sekolah, tempat ia belajar sekaligus mengekspresikan dirinya. Tak heran jika sekolah sering disebut sebagai rumah kedua..
 4. Faktor lingkungan
 Faktor ini jauh lebih luas daripada lingkungan rumah remaja. Lingkungan ini juga berbicara sekolah, media televisi, media cetak dan ketidakpuasan atas negara atau fasilitas negara. Jika diruntut dari faktor lingkungan, media-media dan teladan pemerintah juga menjadi sorotan atas tawuran pelajar.

 Dan cara ampuh untuk meminimalkan tawuran hanya satu, yaitu disiplin. Terapan kedisiplinan guru dan siswanya pasti lembek kalau terjadi perkelahian antara siswa di dalam sekolah, juga antara siswa yang beda sekolah. Proses belajar mengajar pun dipastikan tidak menyenangkan, apapun sebabnya, sehingga murid membuat pelampiasan di luar jam belajar atau di luar sekolah. Sebelum letusan perkelahian terjadi, selalu saja diawali oleh sumbatan komunikasi antara guru dan murid. Sebabnya adalah ketakjelasan dalam pembelajaran, kemunafikan dalam pembelajaran dan fakta di lapangan dan di media massa yang berbeda dengan harapan, etika, dan petuah agama yang diperolehnya di sekolah.
Dan ada satu opsi ampuh lagi dalam mengurangi tawuran pelajar atau bahkan meniadakan tawuran lagi, yaitu dengan pemberlakuan hukuman secara adil. Mustahil, dengan alasan HAM misalnya, pendidikan tanpa hukuman. Harus ada hukuman!!! Siapapun yang bersalah, syahdan ia adalah anak kepala sekolah, maka ia harus dihukum maksimum sesuai dengan peraturan tertulis yang diberlakukan. Tentu saja hukuman ini bertingkat-tingkat, bergantung pada jenis kesalahannya. Yang ringan tentu dihukum ringan yang sifatnya mendidik. Misal, murid yang telat lima menit masuk ke kelas, dihukum dengan berdiri lima belas menit menghafalkan pelajaran tertentu atau menulis artikel, atau menyanyi, dll. Kalau terlambat berturut-turut tiga kali, misalnya, dapat dihukum dengan yang lebih berat lagi, termasuk hukuman fisik berupa lari, push-up, ngosek WC, nyapu, nyangkul kebun sekolah, dll dalam batas-batas wajar dengan memperhatikan kondisi fisik murid.

Nama : Jhon philip sinulingga
NPM : 23210754
Kelas : 3EB10

Sumber :
http://gugling.com/2012/10/01/penyebab-tawuran-pelajar-ditinjau-dari-sisi-psikologis-dan-4-faktor-pendukungnya/
http://kangwahyu.com/info-terkini/penyebab-terjadinya-tawuran-antar-pelajar/#.UIVadnnqvIV
http://www.airlimbahku.com/2012/09/opsi-solusi-tawuran-pelajar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar